Jayapura (ANTARA) - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kabupaten Jayapura segera melegalkan seluruh kepengurusan di sasana tinju yang ada di wilayah itu.

Ketua umum Pengkab Pertina Kabupaten Jayapura Benyamin Yarisetouw dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Kamis, mengatakan pelantikan pengurus di sasana tinju merupakan program kerja pertama pihaknya setelah dilantik ketua umum KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw pada Senin (16/5).

"Kami akan bekerja maksimal guna melantik pengurus di sasana tinju itu merupakan langkah awal mengembalikan kejayaan tinju di bumi kenambai umbai karena selama ini pengurus di sasana belum terdaftar," katanya.

Menurut Benyamin, pelantikan pengurus di sasana tinju bertujuan supaya semua anggota mulai dari petinju, pelatih, wasit, hakim dan semua perangkat pertandingan dapat terdaftar dengan baik.

"Apalagi kami akan kini mempersiapkan petinju untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Kabupaten atau Porkab 2022," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap melalui Porkab akan menghasilkan petinju-petinju terbaik yang kemudian akan di bina dalam persiapan menuju ajang Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Papua pada November 2022 mendatang di Kota Jayapura.

"Untuk Porkab nanti kami menargetkan tiga medali emas kerna itu sudah bisa menjadi juara umum di cabor tinju," katanya lagi.

Di menambahkan setelah Porkab dan Porprov pihaknya bertekad tim tinju Papua yang akan berlaga pada ajang PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara di isi sebagian besar petinju dari Kabupaten Jayapura.

"Untuk itu kami juga akan meningkatkan animo tinju mulai dari pembinaan usia dini di sekolah-sekolah," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024