Biak (ANTARA) - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Biak Numfor, Papua siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Biak ke wisatawan mancanegara dan nusantara.

"HPI selalu siap dilibatkan mendukung program pariwisata Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor,"ungkap Ketua HPI Biak Boy Ronsumbre di Biak, Kamis.

Ia mengakui, HPI sebagai organisasi profesi yang beranggotakan para pemandu wisata profesional mempunyai jaringan kerja yang luas dalam dan luar negeri.

Boy menyebut, HPI dalam aktivitasnya di Kabupaten Biak Numfor telah berkontribusi nyata dalam sektor pariwisata daerah.

"HPI beberapa waktu lalu memandu kunjugan wisata mancanegara dengan kapal pariwisata mengunjungi sejumlah objek wisata daerah di Biak sekitarnya," ucapnya.

 Boy mengatakan, apalagi pada tahun 2023 pemkab Biak Numfor mengagendakan kegiatan internasional pariwisata Sail Teluk Cenderawasih.

"Kami pengurus HPI Biak menyambut positif pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih, sehingga HPI perlu dilibatkan membantu pemerintah," kata Boy.

Berdasarkan program pemkab Biak Numfor pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih akan melibatkan sejumlah kabupaten di antaranya Supiori, Yapen Kepulauan, Nabire, Waropen, Biak Numfor di provnsi Papua dan Kabupaten Manokwari dan Teluk Wondama di Papua Barat.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024