Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom terus mendorong adanya peningkatan digitalisasi dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.
 
Bupati Keerom Piter Gusbager kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi berbasis digital dalam menggerakkan UMKM setempat.
 
"Kami bergerak membangkitkan perekonomian melalui UMKM digital, di mana kini sudah ada beberapa kios-kios yang melayani pembayaran tanpa uang tunai," katanya.
 
Menurut Piter, kini Pemkab Keerom bahkan bekerja sama dengan salah satu pemilik aplikasi "catat.id" yang bisa membantu pelaku UMKM dalam memantau kemajuan usahanya.
 
"Jadi melalui itu pelaku usaha bisa mengetahui catatan usahanya secara pasti," ujarnya.
 
Dia menjelaskan untuk perekonomian digital tidak terlepas dari ketersediaan sarana pendukung, yakni jaringan dan hal tersebut masih menjadi kendala.
 
"Ini yang sedang kami kebut pembangunan Base Transceiver Station (BTS), sehingga Kabupaten Keerom tidak memiliki lagi daerah tanpa sinyal," katanya lagi.
 
Dia menambahkan rata-rata UMKM di Keerom di bidang pertanian, untuk itu pihaknya akan mendorong bagaimana inovasi pengelolaan hasil tersebut memiliki nilai tambah.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024