Jayapura (ANTARA) - Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Provinsi Papua mengagendakan lomba menembak tiga kali dalam satu tahun kalender antara pengurus cabang (Pengcab) Perbakin pada wilayah itu.

Ketua Perbakin Papua Johny Banua Rouw di Jayapura, Minggu, mengatakan rencana tersebut dilakukan guna mencari atlet menembak yang nanti di persiapkan pada ajang olahraga nasional.

"Karena mulai 2023 sudah ada kejuaraan nasional dan pra PON sehingga kami mulai persiapkan atlet dari sekarang," katanya.

Menurut Johny, dengan persiapan sejak dini untuk menghadapi event PON pihaknya berharap Perbakin Papua dapat mempertahankan prestasi yang diraih saat PON XX 2021 kemarin.

"Di PON XX kemarin kami meraih 10 medali emas, sembilan perak dan empat perunggu," ujarnya.

Dia menjelaskan Perbakin Papua telah menyelesaikan perlombaan menembak antar pengcab yang berlangsung pada 3-4 Juni 2022 di mana turnamen tersebut juga untuk mempersiapkan atlet pada event PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara nanti.

"Nomor pertandingan yang kami lombakan ini kemungkinan akan di tandingkan di PON XXI nanti sehingga kami mempersiapkan diri lebih awal," katanya lagi.

Perbakin Papua pada 3-4 Juni 2022 telah menyelesaikan lomba menembak reaksi dan menembak Pre-Charget Pneumatic Air Rifle (PCP) atau senapan angin terbuka antara pengcab perbakin.

Dia menambahkan selain nomor pertandingan tersebut pihaknya juga membuka perlombaan untuk kelas yang paling kecil (Youth) mulai dari usia 12 taun ke atas yang telah bina oleh Perbakin Papua.

Sekadar untuk di ketahui pemenang lomba menembak antar pengcab Perbakin Papua yakni nomor 3 posisi 33 meter juar pertama Bagus dari pengcab Keerom/Klub Q-One, 90 poin, juara dua Aryo Susilo, Kota Jayapura, 77 poin dan juara tiga Yoga Ilham D  Saputra, Merauke/Death Adder, 68 poin.

Nomor 50 meter Benchrest juara pertama Istanto, Mimika/Noken SHC, 108 poin, juara dua Prayitno, Merauke/Civilians SC, 97 poin dan juara tiga M. Li'il Zamnur, Kepulauan Yapen, 89 poin.

Nomor 50 meter Benchrest Youth juara pertama Afif Firas, Kota Jayapura/Pijar SC, 68 poin, juara dua Aurel Talita Putri, Kota Jayapura/Pijar SC, 39 poin dan juara tiga Fharel Pratama, Kota Jayapura/Pijar SC, 37 poin.

Nomor 3 posisi 33 meter eksibesi juara pertama Adhias Wijaya, Kota Jayapura/Grasshopper, 87 poin, juara dua Nofalia Kogoya, Kota Jayapura/Grasshopper, 78 poin dan juara tiga Dwian R. Karetji, Kota Jayapura/Grasshopper, 56 poin.

Nomor IPSC level I, juara pertama Edward Norman Banua, Kepulauan Yapen, juara dua Elly Furkon, Mimika dan juara tiga Roriwo Karetji, Kota Jayapura/Grasshopper.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024