Depok (ANTARA) - Generasi pemuda Papua memberikan apresiasi terhadap kinerja program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menyasar langsung kebutuhan milenial Papua untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan kesejahteraan Tanah Papua.

Melalui video testimoni, tiga pemuda asli Papua menyampaikan pandangan mereka tentang kinerja Presiden Jokowi. Di antaranya disampaikan oleh

Duta Komoditas Papua dan Papua Barat tahun 2020 Yohanes Faidiban atau sering disapa Annes menyebut,
sebanyak 13 kali kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tanah Papua, bukan sebuah seremoni belaka.

"Terbukti banyak program dari pusat yang didorong untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah program petani milenial yang jumlahnya sekitar 2,000 orang," ujar Annes dalam keterangannya, Sabtu.


"Bahkan di antaranya telah berhasil go internasional dengan mengikuti pameran kopi di Boston, Amerika Serikat pada April lalu. Keberhasilan pemuda Papua di kancah internasional tidak lepas dari dukungan program pemerintahan Presiden Jokowi,"ungkapnya.

Salah satu petani milenial Papua Brigita Hisage memberikan apresiasi atas kesempatan untuk terlibat dalam berbagai program pelatihan.

"Pelatihan-pelatihan tersebut memberikan asas manfaat bagi kami petani milenial Papua karena dapat meningkatnya hasil produksi, memahami sistem manajemen bisnis dan mampu menggunakan teknologi digital," kata Brigita yang juga memiliki produk teh herbal dari bahan alam Papua ini.

Seorang pengusaha muda Papua Neil Aiwoy. melakukan pengabdiannya untuk masyarakat dengan mendirikan Koperasi Kitorang di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat.

"Lewat Inpres No 9 tahun 2020 pemerintah  memberikan perhatian penuh percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua,"ujarnya.

Menurutnya, khusus untuk pemuda ada program afirmasi pendidikan dan juga Papua Youth Creative Hub (PYCH).

"Mari kita berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan dan berkoaborasi dengan pemerintah mensejahterakan masyarakat Papua. Apresiasi dan terima kasih kepada Presiden atas program-program yang dilakukan untuk anak muda,” ujar Neil.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Generasi muda Papua apresiasi kinerja Presiden Joko Widodo

Pewarta : Feru Lantara
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024