Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sarmi Markus O. Masnembra di Jayapura, Kamis, meminta kepada para kepala kampung (kepala desa) setempat untuk menguasai Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) sehingga penggunaan dana desa transparan dan akuntabel.
 
"Kami berharap para kepala kampung yang mengikuti pelatihan ini bukan hanya kegiatan formalitas tapi sebagai wujud dan tanggungjawab," katanya.
 
Menurut Markus, dalam pengelolaan dana kampung banyak tantangan yang dihadapi, yakni paling utama tentu persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana.
 
"Karena sistem aplikasi Siskeudes tidak terlepas dari jaringan komunikasi, untuk itu kami berharap jaringan komunikasi bukan sebagai penghambat tapi pendukung semangat dalam bertugas," ujarnya.
 
Dia menjelaskan, dengan pelatihan selama dua hari ini para kepala kampung dapat mengerti dan paham, sehingga semua yang dilakukan bisa sesuai dengan aturan-aturan yang ada.
 
"Kami berharap ada sesuatu yang dapat diterapkan melalui aplikasi Siskeudes ini dengan baik," katanya.
 
Sebelumnya kegiatan bimbingan teknis tersebut diikuti oleh perwakilan dari 90 Kepala Kampung dari 92 Kampung yang ada di Kabupaten Sarmi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024