Jayapura (ANTARA) - Wakil Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Didimus Yahuli menyebut bahwa organisasi ini mendukung pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diyakini bakal mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Didimus Yahuli di Jayapura, Papua, menegaskan bahwa karena banyak manfaatnya maka seluruh bupati yang tergabung dalam Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah sudah sepakat mendukung DOB.
 
"Kami bisa menjabat karena daerah dimekarkan jadi kabupaten dan terpisah dari Kabupaten Jayawijaya," katanya di Jayapura, Selasa.
 
Tanpa pemekaran maka orang Yahukimo tidak bisa jadi pejabat di Wamena, yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, kata Didimus yang juga menjabat sebagai Bupati Yahukimo.
 
Ditambahkan, yang terpenting saat ini adalah memberikan proteksi kepada Orang Asli Papua (OAP) sehingga mereka bisa menikmati apa yang menjadi tujuan pemekaran termasuk kesejahteraan.
 
Tanpa adanya proteksi maka OAP akan kembali tersisih sehingga diharapkan segera dibahas dan disiapkan agar manfaat DOB benar-benar dirasakan masyarakat.
 
Di Pegunungan Tengah awalnya hanya ada satu kabupaten yaitu Kabupaten Jayawijaya namun dengan adanya pemekaran atau DOB saat ini berkembang menjadi delapan daerah, yakni  Pegunungan Bintang, Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Puncak Jaya, Yalimo, Yahukimo, dan Kabupaten Mamberamo Tengah.
 
"Saya berharap dengan terbentuknya DOB masyarakat di Tanah Papua makin sejahtera, " harap Bupati Didimus Yahuli.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024