Jayapura (ANTARA) -
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo ) Provinsi Papua mengajak warga bersama-sama menciptakan ekosistem yang sehat pada dunia digital di "Bumi Cenderawasih" --sebutan untuk Tanah Papua.
 
Kepala Dinas Kominfo Papua Jeri Agus Yudianto di Jayapura, Rabu, mengatakan saat ini penggunaan internet di Papua sudah intensif.
 
“Beragam informasi di media sosial dalam bentuk penipuan, pornografi, hoaks, dan lain sebagainya menjadikan masalah bagi para pengguna internet atau media sosial," katanya.
 
Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengakses internet dan memanfaatkan media sosial.
 
"Untuk itu kami menciptakan agen-agen cakap digital pada tingkat kampung sebagai salah satu upaya agar mengajak masyarakat bijak dalam mengakses internet," ujarnya.

Dia berharap, agen cakap digital dapat mendorong pemanfaatan internet yang masif untuk menggerakkan sektor ekonomi dan produktivitas masyarakat.

“Contohnya dengan membuat konten-konten ekonomi kreatif dan pariwisata sehingga dapat menciptakan nilai tambah bagi wilayahnya,” katanya.
 
Ke depan, pihaknya akan terus menyediakan fasilitas layanan internet gratis, khususnya di kampung-kampung yang terjangkau dengan infrastruktur pemerintah.

"Secara bertahap kami akan menyediakan fasilitas itu sesuai infrastruktur yang ada," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024