Jayapura (ANTARA) -
Penjualan pernah pernik berupa bendera dan umbul-umbul merah putih untuk memeriahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 mulai marak di Kota Jayapura.

Salah satu penjual bendera dan umbul-umbul merah putih di Kota Jayapura Muhammad Amif kepada Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya sudah tiga tahun berjualan di pinggiran jalan Lampu Merah Dok II Kota Jayapura.

"Kali ini kami lebih cepat muncul di tengah-tengah masyarakat dibanding tahun-tahun sebelumnya agar jika ada pesanan bisa lebih cepat dipersiapkan," katanya.

Menurut Amif, tahun ini model bendera dan umbul-umbul lebih beragam sehingga masyarakat akan memiliki banyak pilihan untuk dibeli.

"Sedangkan untuk harga tidak ada kenaikan, masih sama seperti tahun-tahun lalu seperti bendera merah putih buat motor dan mobil mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu tergantung ukuran," ujarnya.

Dia menjelaskan selain pengendara motor dan mobil yang hendak membeli untuk kendaraannya, pegawai perkantoran juga sudah beberapa yang mulai memesan.

Senada dengan Muhammad Amif, Risaldy penjual bendera dan umbul-umbul yang berada di sekitaran Entrop mengatakan pihaknya juga muncul lebih awal di tahun ini sebagai perkenalan model-model baru.

"Seperti pada background (latar) merah putih ada sentuhan lipatan kecil-kecil di bagian tengahnya," katanya lagi.


Dia menambahkan model baru untuk background tidak ada kenaikan masih sama seperti tahun lalu mulai dari Rp170 ribu hingga Rp375 ribu tergantung besar kecil gelombang.
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024