Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, memberikan bantuan bahan makanan kepada warga yang terkena banjir di Distrik Dekai.
 
Bantuan tersebut sudah diserahkan ke masyarakat yang terkena banjir seperti beras dan mie instan, jelas Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram saat dihubungi ANTARA dari Jayapura, Senin.
 
Diakui, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan saat ini banjir mulai surut sehingga warga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah mereka masing-masing.
 
Banjir yang terjadi selain disebabkan tingginya curah hujan juga akibat meluapnya kali atau sungai kecil yang ada di sekitar Dekai hingga meluap dan menggenangi pemukiman warga.
 
Sebanyak 100 rumah yang terdampak yang berlokasi di sekitar Seredala, pemukiman bawa, jalan sosial, jalan SMK dan jalan Telkomsel.
 
Adapun kali atau sungai kecil yang meluap yakni Kali Who, Kali PJPR dan Kali Bonto, jelas Wabup Miram.
 
Wabup Yahukimo menambahkan, untuk menghindari terulangnya kasus banjir pihaknya akan melakukan pengerukan terhadap kali atau sungai.
 
Selain itu meminta warga tidak membuang sampah ke sembarangan terutama ke kali hingga menyebabkan terjadinya pendangkalan, kata Wabup Esau Miram.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024