Jayapura (ANTARA) - Mama-mama Papua yang merupakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Jayapura segera menerima sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB) secara langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan kunjungan kerja ke Papua.
 
Kepala Dinas Perdagangan, UMKM dan Tenaga Kerja Papua Omah Laduane kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan, ada sebanyak 1.500 mama Papua yang merupakan pelaku UMKM berasal dari Kota dan Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom yang akan menerima NIB.
 
Namun penyerahannya akan dilakukan secara simbolis di sela-sela kunjungan Presiden Jokowi yang dijadwalkan tiba Selasa malam, kata Laduane.
 
Dijelaskannya, dengan diserahkannya NIB maka usaha yang mereka jalani dapat masuk dalam e-Katalog hingga usaha yang digelutinya dapat lebih dikenal dan berkembang.
 
"Usaha yang banyak digeluti mama-mama Papua pelaku UMKM bergerak di bidang usaha kuliner," kata Laduane.
 
Laduane berharap, pengusaha Papua lainnya segera melengkapi persyaratan agar nantinya mendapat NIB.
 
Banyak kemudahan dan usaha yang dilakukan UMKM diharapkan berkembang, kata Omah Laduane.

Presiden Jokowi tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (30/8) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan sejumlah menteri.
 
Selama kunkernya, Presiden Jokowi selain menyerahkan NIB juga meresmikan Papua Foodball Academi (PFA) di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, dan menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) serta meresmikan rumah bagi korban banjir bandang di Doyo.
 
Seusai melakukan kunkernya di Kabupaten Jayapura, Presiden dan rombongan langsung ke Timika, ibukota Kabupaten Mimika.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024