Biak (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan Kabupaten Biak Numfor, Papua, sebagai salah satu dari 19 destinasi prioritas yang akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pariwisata pada 2023.

"Program unggulan pariwisata Biak masuk prioritas nasional maka akan mendapat dana alokasi khusus pariwisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Onny Dangeubun pada Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria di Biak Numfor, Papua, Selasa (20/9).

Onny menjelaskan sebanyak 19 destinasi prioritas itu antara lain Danau Toba, Bukittinggi, Bangka Belitung, Batam-Bintan, Ujung Kulon-Halimun-Pangandaran, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Banyuwangi.

"Serta wilayah pariwisata Sambas-Singkawang, Derawan-Berau, Toraja-Makassar-Selayar, Bali, Lombok-Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, Manado-Likupang, Morotai, Raja Ampat, dan Biak-Teluk Cenderawasih,"ujarnya.

Dengan ditetapkannya Biak sebagai destinasi prioritas, Onny berharap pengembangan pariwisata setempat mendapat dukungan dari masyarakat adat.

Onny juga meminta organisasi perangkat daerah terkait untuk terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam mendukung program pariwisata nasional.

Untuk mendukung pariwisata nasional, kata Onny, konsep 3A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas harus diterapkan dengan baik agar dapat menarik banyak wisatawan.

"Atraksi adalah apa yang bisa dilihat dan dilakukan oleh wisatawan di destinasi tersebut,” ujarnya.

Sedangkan aksesibilitas adalah semua jenis sarana dan prasarana transportasi yang mendukung konektivitas ke destinasi tersebut, dan amenitas adalah segala fasilitas pendukung yang bisa memenuhi kebutuhan wisatawan.

Sejumlah destinasi wisata Biak di antaranya adalah Gua Jepang Binsari, negeri dongeng, air terjun, Wisata Diving Catalina, wisata pantai, wisata seni budaya adat dan tempat peninggalan objek wisata Perang Dunia II.

Kemenparekraf menetapkan 19 destinasi prioritas dengan mempertimbangkan posisi destinasi tersebut dalam sektor pariwisata nasional, lokasi enam UNESCO Geopark, dan beberapa amanat peraturan perundangan.

Sedangkan, total pagu anggaran DAK bidang pariwisata secara nasional pada 2023 adalah Rp583,3 miliar.


Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024