Biak (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XIV (LLDIKTI) wilayah XIV Papua dan Papua Barat meminta pengelola lembaga perguruan tinggi swasta (PTS) untuk menyediakan tempat kuliah yang nyaman bagi mahasiswa sehingga menjadi daya tarik warga luar daerah berkuliah di Biak.

"Saya berharap PTS di Biak dapat menjaga kenyamanan berkuliah dalam melanjutkan keberlangsungan pelayanan pendidikan tinggi bagi mahasiswa berbagai daerah," kata Ketua LLDIKTI wilayah XIV Papua dan Papua Barat Dr Suriel Semuel Mofu saat menghadiri pelantikan Rektor IISIP Yapis Dr Hermanu Iriawan di Biak, Kamis.

Menurut dia, ketika orang dari luar daerah berkuliah di berbagai PTS Biak, maka daerah ini menjadi pilihan untuk menempuh pendidikan di PTS.

"Dengan banyaknya mahasiswa kuliah di perguruan tinggi swasta di Biak maka bisa meningkatkan pendapatan perguruan tinggi bersangkutan,"ujarnya.

Mofu mengatakan, dari hasil penilaian kinerja keberadaan IISIP Yapis Biak sangat sehat dalam bidang akademis, tata kelola lembaga dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

LLDIKTI XIV mendorong sivitas akademika IISIP Yapis dapat menjaga keberlangsungan pengelolaan PTS yang sehat dan terbaik di Papua di bawah kepemimpinan Rektor periode 2018-2022 Djamil Hasyim.

Mofu mengatakan, pergantian rektor pada perguruan tinggi swasta merupakan hal yang biasa terjadi untuk kesinambungan organisasi pengelola lembaga pendidikan perguruan tinggi.

Jajaran LLDIKTI XIV Papua dan Papua Barat, menurut Mofu, akan memberikan dukungan kepada setiap PTS untuk meningkatkan kemampuan lembaga dalam mengelola pendidikan tinggi swasta secara profesional, akuntabel dan transparan.

"Atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek saya mengucapkan selamat atas pelantikan Rektor IISIP Yapis yang baru," ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Sekda Biak Mahasunu mengharapkan lembaga pendidikan tinggi swasta IISIP Yapis Biak terus berkontribusi membangun sumber daya manusia yang profesional.

"Pemkab Biak Numfor sangat berterima kasih kepada IISIP Yapis karena sudah banyak mencetak lulusan diploma dan sarjana hingga lulusan strata dua magister," katanya.

Rektor IISIP Yapis Biak Dr Hermanu Iriawan M.Si dilantik oleh Ketua Yapis Biak Ir.Haji Saepudin dan disaksikan Ketua Umum Yapis Papua Dr Muhammad Musa'ad.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024