Biak (ANTARA) - Kondisi wilayah Kabupaten Biak Numfor, Papua merupakan daerah yang teraman di Papua sehingga menjadi tempat pilihan utama berbagai kegiatan pemerintah dan organisasi kemasyarakatan.

"Biak kota yang bersih dan daerah nyaman di Papua serta keramahan masyarakat sangat cocok menjadi tempat kegiatan apapun," ujar Plt Sekretaris Daerah Biak ZR Mailoa di Biak, Jumat.

Ia mengakui, Biak meski berstatus kabupaten namun saat ini di daerahnya terdapat tujuh jenderal TNI AU, AL dan TNI AD yang menjaga wilayah pemerintahan Kabupaten Biak Numfor.

Dengan adanya tujuh perwira tinggi TNI yang bertugas di Biak Numfor, menurut Plt Sekda Biak Mailoa, adalah satu-satunya di Indonesia daerah kabupaten yang mendukung dan menjaga keamanan pulau Biak.

"Setiap tamu atau warga dari luar Papua yang berkunjung ke Biak pasti merasakan kenyamanan dan kedamaian menikmati keindahan pulau Biak," kata mantan Kadis PU Biak itu.

Selain Biak nyaman, menurut Sekda Mailoa, masyarakat adat Biak juga banyak memiliki kekayaan potensi objek wisata bahari dan budaya yang khas karena tetap terjaga hingga saat ini.

"Ada pepatah yang dikenal warga sebutan BIAK merupakan singkatan bila ingat akan kembali," kata Sekda Mailoa.

Ia menambahkan, Biak juga masuk kawasan proyek strategis nasional tempat pembangunan bandara Antariksa pemerintah Indonesia.

Beberapa kegiatan berskala besar diselenggarakan di Biak pada tahun 2022 di antaranya Kegiatan Kemenpakref, kunjungan Kepala Staf Presiden Moedoko.

Serta Kunjungan Kerja Menkumham Yassona H.Laoly, kunjungan Wamenlu membuka kegiatan Papua Analisis Strategis, Musda dan pelantikan pengurus NPCI Papua.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024