Sentani (ANTARA) - Sebanyak empat kampung yang terletak di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, mendapatkan anugerah predikat desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

"Kami menyampaikan selamat kepada kampung-kampung yang telah menerima anugerah predikat desa wisata," kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, dalam acara penyerahan anugerah predikat desa wisata yang diserahkan oleh Bupati Jayapura kepada kepala kampung penerima anugerah predikat desa wisata di Lapangan Upacara Kantor Bupati setempat, di Sentani, Papua, Senin.

Disebutkan bahwa sebanyak empat kampung yang memperoleh anugerah predikat desa wisata tersebut adalah Kampung Youkiwa, Hobong, Doyo Lama dan Kampung Rhepang Muaif.

Menurut Mathius Awoitauw, dengan anugerah predikat desa wisata tersebut, maka pihaknya berharap ke depan semua masyarakat adat di Kabupaten Jayapura dapat membangun dan mengembangkan potensi pariwisata di kampung.

Dia menjelaskan dengan mengembangkan potensi wisata yang ada di kampung juga sama saja dengan upaya memperkokoh ketahanan perekonomian baik di Papua maupun daerah lain di Indonesia karena saat ini beberapa negara sedang mengalami krisis ekonomi.

"Sehingga salah satu andalan kami yaitu tetap melestarikan alam karena itu akan menjadi ekonomi kreatif untuk menjaga ketahanan pangan," ujarnya.

Bupati Jayapura menambahkan, pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi kekuatan yang besar dalam ketahanan pangan dan energi ke depan.

"Sehingga kami berharap ke depan masyarakat yang ada di kampung lebih siap untuk menghadapi situasi yang akan datang," katanya.

Pihaknya juga berharap agar ke depan ada kampung-kampung lainnya di Kabupaten Jayapura yang bisa mendapatkan anugerah desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.


Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024