Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Satuan Tugas COVID-19 setempat mengimbau masyarakat bersabar menunggu pendistribusian vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
 
Ketua Harian Satgas COVID-19 Provinsi Papua, Welliam R Manderi di Jayapura, Senin, mengatakan, pihaknya mengakui telah terjadi kekosongan vaksin di sejumlah daerah di Bumi Cenderawasih namun kejadian tersebut juga dialami provinsi lain.
 
"Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Papua sampai saat ini stok vaksin masih kosong dan menunggu pendistribusian dari pusat," katanya.
 
Menurut Welliam, untuk itu masyarakat harus bersabar hingga vaksin tersebut datang karena vaksin kini penting sekali mengingat cakupan vaksin di Papua masih rendah
 
"Kami pikir warga Papua tetap harus menunggu saja, karena pasti ketika stok vaksin sudah ada maka akan diinformasikan dan diberikan bagi yang membutuhkan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan sudah hampir sebulan ini stok vaksin di sejumlah daerah di Papua telah habis, padahal animo warga cukup tinggi untuk mendapat vaksinasi khususnya booster karena menjadi syarat untuk bepergian ke luar daerah.
 
"Kami berharap dalam waktu dekat vaksin COVID-19 sudah tersedia," katanya yang juga sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua.
 
Dia menambahkan pihaknya tetap mengimbau kepada agar melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) karena status pandemi COVID-19 belum dicabut.
 
 
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024