Jayapura (ANTARA) -
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua meluncurkan podcast atau siniar "Torang Bisa Bicara" yang disingkat Tobbi sebagai layanan informasi untuk membahas isu-isu kekinian yang sedang berkembang di masyarakat Bumi Cendrawasih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto di Jayapura, Kamis, mengatakan podcast Tobbi adalah salah satu bentuk media komunikasi publik Pemerintah Provinsi Papua dengan masyarakat, seperti anak muda, atlet, dan juga insan pers.

"Podcast Tobbi merupakan milik pemerintah yang dikelola oleh Diskominfo. Podcast tersebut akan digunakan sebagai layanan informasi untuk membahas isu kekinian yang sedang berkembang di masyarakat,” katanya saat peresmian podcast Tobbi di Aula Kantor Diskominfo Papua.

Menurut Jeri, dengan perkembangan teknologi informasi terkini, siniar atau podcast menjadi salah satu konten yang cukup diminati masyarakat sehingga Diskominfo Papua mencoba membuat media komunikasi yang sedang tren tersebut.

Dengan Tobbi diharapkan masyarakat lebih mudah berkomunikasi dengan pemerintah.

 "Podcast Tobbi ini akan dikemas secara milenial serta dapat diakses melalui platform media digital channel YouTube Tobbi Torang Bisa Bicara," tambah Jeri.

Ia menjelaskan Diskominfo Papua telah menyiapkan beberapa tema menarik yang bisa diangkat dalam Tobbi itu. "Tidak melulu soal pemerintahan, ada juga membahas soal gaya hidup, literasi dan tema lainnya," katanya lagi.

Jeri menambahkan, "Inilah salah satu cara kami dalam memberikan keterbukaan informasi sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi."

Ia juga menambahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa sarana komunikasi ini menjadi hal yang penting serta sesuai arahan dari Komisi informasi Papua.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024