Sentani (ANTARA) - Masyarakat adat Kampung Dondai, Kabupaten Jayapura, Papua menyiapkan 13 motor tempel untuk transportasi selama pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di wilayah itu. 

Kepala Kampung Dondai Yosias Daimoiye dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan 13 motor tempel tersebut akan melayani para tamu sarasehan KMAN di kampung tersebut. 

"Motor tempel kami siapkan untuk mengantar jemput peserta KMAN atau para tamu yang akan datang," katanya. 

Menurut Yosias, pihaknya juga akan mendapat bantuan satu unit motor tempel dari Kampung Sosiri untuk melayani peserta KMAN. 

"Kami berharap pada pelaksanaan sarasehan KMAN ada 20 motor tempel yang disiapkan," ujarnya. 

Dia menjelaskan pemerintah daerah setempat juga akan menyiapkan satu unit kapal untuk memperlancar tranportasi ke kampung Dondai. 

"Untuk transportasi selama sarasehan di kampung kami sudah aman dan kaki juga akan berikan pelayanan yang baik bagi para tamu," katanya lagi. 

Kampung Donai, Distrik Waibhu Kabupaten Jayapura berada di seberang Barat Danau Sentani dan tidak akses atau jalan darat yang menghubungkan antara Dondai dan wilayah lain di sekitarnya sehingga perahu motor tempel menjadi satu-satunya sarana transportasi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024