Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pemkot Jayapura, Provinsi Papua melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar pelatihan pemandu wisata outbound kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar wisata alam yang ada di wilayah itu.

"jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 50 orang termasuk juga ada dari Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Jayapura," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Mathias Mano di Jayapura, Kamis.

Menurut Mathias, Kota Jayapura memilik wisata alam yang sangat eksotis seperti pantai, gunung dan danau sehingga diharapkan jika ada pengunjung yang ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut bisa dibantu oleh pemandu wisata.

"Salah satunya ialah kami telah membangun area tracking di Pantai Hamadi dan hutan Bakau Distrik Jayapura Selatan sehingga kami berharap peserta pelatihan bisa membantu kami untuk memberikan informasi kepada pengunjung," ujarnya.

Dia menjelaskan setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat melaksanakan pemanduan wisata alam dengan baik dengan memberikan informasi yang positif kepada masyarakat luas.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti mengharapkan pelatihan pemandu wisata outbound dapat membentuk komitmen dalam satu komunitas guna membangun wisata outbound lebih baik lagi.

"Sehingga diharapkan pemandu wisata outbound memiliki potensi yang mumpuni dan memiliki karakter yang baik dan jujur," katanya.

Pelatihan pemandu wisata outbound yang digelar Pemkot Jayapura melalui Dinas Pariwisata setempat berlangsung pada 24-26 November 2022 dan dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti.



Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024