Jayapura (ANTARA) - Kodim 1708/Biak Numfor (BN) menggelar bakti sosial dan donor darah dalam rangka menyambut hari Juang TNI-AD ke-77 dengan melibatkan seluruh personil setempat dan masyarakat sekitar di aula kantor, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Rabu, mengatakan pada kegiatan tersebut pihaknya dibantu Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

"Kegiatan bakti sosial donor darah dilakukan sebagai wujud peduli kemanusiaan TNI dalam membantu PMI untuk memenuhi ketersediaan darah di wilayah Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Menurut Daniel, selain dari pihak personil yang terlibat, kegiatan tersebut juga melibatkan ibu-ibu Persit KCK Cabang XXI Dim 1708, kemudian personel Kompi C Yonif 753/AVT, perwakilan dari TNI AL, TNI AU dan Polri.

“Dengan banyaknya yang datang ini kami berharap akan semakin banyak kantong darah yang dikumpulkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan stok darah,” ujarnya.

Dia menjelaskan banyak manfaat dengan mendonorkan darah bagi pendonor yakni untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri, selain itu juga mampu menurunkan risiko serangan jantung dan juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, serta serangan jantung.

“Saya berharap dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, khususnya dalam ikut serta mendonorkan darah yang sangat bermanfaat bagi orang lain atau yang membutuhkan, setetes darah yang diberikan karena sangat berarti bagi kehidupan sesama," katanya lagi.

Dia menambahkan ke depan kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin sehingga dapat memberikan manfaat bagi para anggota Kodim 1708 Biak Numfor.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024