Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua meminta 257 kepala kampung untuk mengalokasikan dana khusus bagi tim penggerak PKK tahun 2023.

"Tahun ini Pemkab Biak Numfor mengajak kepala kampung dapat mendukung program PKK dengan menyediakan anggaran untuk menunjang program pemberdayaan Ibu-ibu di setiap kampung, " kata Asisten II Sekda Biak Numfor bidang perekonomian dan pembangunan Lot Jensenem di Biak, Selasa.

Lot mengatakan, wadah organisasi TP PKK merupakan tempat berhimpun mama-mama Papua dengan melaksanakan berbagai program kegiatan sosial kemasyarakatan.

Melalui kegiatan program PKK, menurut Lot, diharapkan para ibu-ibu lebih giat mengikuti program di setiap kampung.

Sedangkan tujuan dari program kegiatan PKK menurut Lot Jensenem, untuk meningkatkan silaturahim antar ibu di setiap rumah tangga keluarga bersangkutan.

"Melalui kegiatan PKK di kampung diharapkan dapat membantu ibu-ibu lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan program kegiatan keseharian, " kata mantan Kadis pendidikan Biak Numfor itu.

Asisten II Sekda Biak Lot Jensenem mengajak kepala kampung dan badan musyawarah kampung (bamuskam) masyarakat untuk mendukung berbagai program PKK setempat.

Jajaran Pemkab Biak Numfor, menurut Lot Jensenem, terus menerus mendorong dan mengajak warga di berbagai kampung dapat mendukung kegiatan PKK setempat.

Pada tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Biak Numfor merencanakan berbagai program pembangunan di setiap kampung di antaranya menanam cabai, peternakan ayam petelur.

Serta menganggarkan alokasi dana desa untuk pemberian anggaran organisasi TP PKK, pemilihan langsung kepala kampung serentak, pencegahan stunting pada anak balita.

10 program PKK di antaranya Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup serta Perencanaan Sehat.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024