Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, segera membangun kios permanen untuk pedagang terdampak kebakaran Pasar Pharaa Sentani pada 6 Januari 2022.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi di Sentani, Kamis, mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan pemetaan lahan dan membangun kios sementara bagi para pedagang untuk berjualan di area Pasar Pharaa Sentani sambil menunggu pembangunan kios permanen.

"Kios darurat yang telah dibangun oleh Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura berukuran 3x3 meter persegi" katanya.

Menurut Hana, pihaknya menargetkan pembangunan kios permanen selesai pada April 2022 karena saat ini harus dilakukan pengusulan anggaran untuk kemudian dilakukan pengerjaan.

"Jadi kami minta pedagang bisa menunggu sampai tiga bulan ke depan karena kami anggarkan dulu agar bantuan segera disalurkan dan pembangunan bisa berjalan baik karena lokasi Pasar Pharaa Sentani seluas lima hektare milik Pemkab Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan ke depan pihaknya juga menyiapkan hidran di pasar guna mengantisipasi kebakaran serta menambah mobil pemadam kebakaran pada 2023.

"Kami sudah membicarakan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penambahan mobil pemadam kebakaran sebanyak 10 unit untuk Kabupaten Jayapura yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus atau DAK untuk 2023," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar hal tersebut bisa terealisasi secepatnya agar ke depan dalam melakukan penanganan bencana kebakaran lebih maksimal.

"Karena selama ini hanya ada satu mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Jayapura yang aktif beroperasi sehingga dengan adanya penambahan nanti akan sangat membantu kami," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024