Jayapura (ANTARA) - PT Telkom Wilayah Telekomunikasi Papua menyebutkan jaringan telekomunikasi di wKota Jayapura aman atau tidak terdampak gempa bumi magnitudo 5,4 beberapa waktu lalu, meski begitu pihaknya menyiapkan 27 personel untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan.

General Manager Telkom Papua Agus Widhiarsan di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya menyiagakan 27 personel tersebut guna memantau perkembangan jaringan di Kota Jayapura dan di seluruh Papua.

"Setelah gempa bumi kemarin kondisi jaringan telekomunikasi normal, peralatan kami semua berfungsi dengan baik," katanya.

Menurut Agus, pihaknya juga melakukan pengecekan pada trafik pelanggan dan jaringan broadband semua terpantau stabil seperti biasa sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan jaringan telekomunikasi di Kota Jayapura dan sekitarnya.

"Karena kondisi titik-titik gempa bumi kebanyakan berada di darat sehingga untuk kabel optik tidak mengalami gangguan yang signifikan, karena kabel tersebut berada di laut," ujarnya.

Dia menjelaskan jaringan Indihome juga tetap stabil meski memang ada gangguan namun itu hambatan yang bisa terjadi ketika tidak terjadi gempa bumi.

"Meski sekarang sedang hujan dan beberapa pelanggan yang mengalami gangguan kabel Indihome itu hal yang biasa terjadi dan kami langsung mengatasinya

Dia menambahkan untuk itu kepada masyarakat yang menggunakan layanan telekomunikasi dari Telkom diharapkan tetap tenang dan tidak termakan berita bohong terkait adanya gangguan akibat gempa bumi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024