Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 18 klub di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom, Papua mengikuti Liga Asosiasi Academy Futsal Indonesia (AFFI) Kota Jayapura yang akan berlangsung pada 25 Februari 2023.

Ketua Asosiasi Futsal Kota Jayapura Matias Mano setelah pelaksanaan technical meeting di Jayapura, Jumat, mengatakan 18 peserta tersebut terbagi dalam dua kategori yakni kategori U-13 sebanyak delapan klub dan U-16 sebanyak 10 klub.

Menurut Matias, peserta yang mengikuti liga AAFI 2023 tersebut merupakan klub futsal yang telah memiliki akta pendirian klub yang jelas.

"Sehingga kami berharap Liga AAFI 2023 akan mendorong setiap klub futsal di Kota Jayapura untuk melakukan pembinaan kepada atlet usia dini dengan membentuk sekolah atau academy futsal," katanya.

Dia menjelaskan Liga AFFI 2023 akan bergulir sesuai rencana yakni selama empat bulan karena dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu.

"Ke depan program ini akan menjadi program rutin Asosiasi Futsal Kota Jayapura karena total klub futsal di Kota Jayapura sekitar 30 lebih," ujarnya.

Dia menambahkan klub peserta Liga AFFI 2023 sudah pasti memiliki tujuan yang jelas yakni melakukan pembinaan usia dini dan membangun Papua melalui olahraga.

Sementara itu, Ketua Panitia Liga AAFI 2023 Herson Layuhibu mengatakan dalam technical meeting tersebut membahas pengenalan sekilas soal AAFI, manajer meeting terkait akta klub, profil klub, dan logo klub termasuk juga jersey home, screenin pemain dan drawing.

Dia menjelaskan pelaksanaan pertandingan bertempat di Lapangan Futsal SMA YPPK Taruna Darma Kotaraja, Kota Jayapura.

"Klub yang juara akan mewakili Papua untuk mengikuti grand champion di tingkat nasional," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024