Timika (ANTARA) - Prajurit Kodim 1715/Yahukimo, Sabtu, melakukan pengasapan atau fogging di sekitar kantor dan asrama.

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf. Johanis Victorianus Tethool mengatakan bahwa tim kesehatan Kodim 1715/Yahukimo telah melakukan pengasapan di lingkungan perkantoran dan perumahan guna mencegah berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Pengasapan itu sebagai langkah pencegahan dari penyebaran penyakit DBD, termasuk malaria, di lingkungan Kodim 1715/Yahukimo di Dekai.

Sejak Januari, kata Tethool, kasus malaria sangat tinggi di Dekai hingga menyebabkan beberapa prajurit sakit.

Karena penyebab malaria itu ditularkan oleh nyamuk, diharapkan dengan pengasapan maka nyamuk penyebab penyakit malaria juga mati.

Lokasi pengasapan itu, antara lain, selokan dan di tempat-tempat yang kemungkinan bisa menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk dengan menggunakan bahan insektisida.

Dengan adanya pengasapan, dia berharap dapat mencegah dan menekan angka penyebaran penyakit malaria dan DBD di Kabupaten Yahukimo.

Dandim Yahukimo mengatakan bahwa pihaknya pada setiap kesempatan selalu menekankan kepada prajurit untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan olahraga rutin.

"Yang terpenting adalah mengubur benda-benda yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk, baik di sekitar perkantoran maupun di asrama," kata Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Tethool.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024