Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 50 anak dari Taman Kanak-Kanak (TK) Kuntum Mekar di Jayapura, Papua bersama para guru melakukan kunjungan ke Gramedia Jayapura untuk mengikuti program Gramedia Fun Schooling guna meningkatkan minat baca sejak dini.

Guru TK Kuntum Mekar Betty Menanti di Jayapura, Senin, mengatakan kunjungan tersebut merupakan bagian kurikulum program merdeka belajar.

“Kunjungan tersebut merupakan kegiatan rutin kami setiap tahun di mana masuk dalam kurikulum program merdeka belajar sehingga anak-anak tidak hanya belajar di dalam kelas sana namun di luar ruang,” katanya.

Menurut Bety, kunjungan ini dapat membuka wawasan anak-anak sehingga bisa lebih mengenal lebih banyak buku dan edukasi lainnya, dengan begitu mereka tidak hanya terpaku dari sekolah namun luar sekolah juga perlu dilakukan.

“Selain kunjungan ke Gramedia Jayapura, kami juga akan melakukan kunjungan ke holtikultura, sehingga anak-anak bisa beradaptasi dengan dunia luar,” ujarnya.

Sementara itu, Sales Supervisor Gramedia Jayapura Yosua Somnaikubun mengatakan program Gramedia Fun Schooling merupakan kegiatan rutin setiap minggu bersama sekolah-sekolah mulai dari PAUD TK dan juga SD kelas 1 dan 2.

“Disini kami memberikan kegiatan-kegiatann edukasi seperti menyusun balok, menonton bersama film, melipat kertas berwarna, menebak lagu lewat alat musik dan memperkenalkan alat-alat atau produk-produk Informatika,” katanya.

Menurut Yosua, selain anak-anak pihaknya juga mau menggalakkan ke para orang tua untuk mau giat lagi mencari alternatif agar anak-anak bisa belajar walaupun di rumah dengan memilih permainan-permainan edukasi yang bukan dari gadget tapi bisa bermain secara langsung supaya ada interaksi antara orang tua dan anak.

Sementara itu, salah satu orang tua murid kelas A TK Kuntum Mekar Argapura Dian Kandipi mengatakan pihaknya sangat senang anak-anak bisa bermain sambil belajar karena dalam kegiatan ini anak-anak diajarkan berbagai macam permainan yang mengedukasi.

“Kami mengapresiasi pihak sekolah yang sudah berinisiatif menggelar kegiatan ini bekerja sama dengan pihak Gramedia. Semoga ke depan, bisa dibuat lagi kegiatan seperti ini. Dan untuk Gramedia sendiri, kami berharap inovasi-inovasi lainnya di bidang pendidikan dapat dikembangkan," katanya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024