Jayapura (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Kota Jayapura, Papua, tetap membuka pelayanan kesehatan bagi warga di daerah itu selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

Direktur RSUD Abepura Daisy Urbinas di Jayapura, Jumat, mengatakan pelayanan rawat inap dan Unit Gawat Darurat (UGD) hingga kini berjalan seperti biasa karena para petugas kesehatan juga telah dibagi untuk jadwal dinas pagi, sore dan dinas malam.

"Hanya saja pelayanan untuk poli rawat jalan ditutup pada masa libur Lebaran atau sejak 19-26 April 2023," katanya.

Menurut Urbinas, untuk ketersediaan obat di RSUD Abepura juga cukup, begitupun ketika ada hal-hal yang bersifat darurat maka petugas kesehatan sudah siap untuk melayani.

"Jadi baik dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan sopir ambulans, itu semua sudah dijadwalkan jam kerja jadi pelayanan akan berjalan seperti biasanya," ujar Urbinas.

Dia menjelaskan RSUD Abepura memiliki dua mobil ambulans yang selalu bersiap jika dibutuhkan selama libur Lebaran.

"Secara umum kami tetap melayani masyarakat seperti sebelum Lebaran hanya saja yang libur itu pelayanan poli rawat jalan," katanya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama libur dan cuti bersama Idul Fitri guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024