Jayapura (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Mappi, Papua Selatan melakukan panen perdana sayuran kelompok Tani Gaibkibini di Kilometer 05 Distrik Oba’a.

Kelompok Tani Gaibkibini merupakan binaan dari TP PKK Kabupaten Mappi di mana panen perdana merupakan bagian dari program TP PKK dalam rangka gerakkan menanam.

Penjabat ketua TP PKK Kabupaten Mappi Stefanie Gomar dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan terus berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai lahan penanaman sayur-sayuran.

"Kami ketahui bersama bahwa pekarangan rumah di Mappi ini cukup luas sehingga kami berinisiatif untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayuran," katanya.

Dia menjelaskan gerakkan menanam merupakan salah satu langkah yang digalakkan oleh TP PKK Kabupaten Mappi dalam rangka menekan inflasi daerah itu.

"Tidak hanya di kelompok tani Gaibkibini sejumlah kelompok tani yang dibina TP PKK juga terus dilakukan pendampingan bahkan untuk kedepannya kam berencana memulai dari Kampung Dagimon untuk memanfaatkan pekarangan rumah," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas pertanian Kabupaten Mappi Anto Djula mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah TP PPK setempat dalam membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus dan kami dari Dinas pertanian siap mendukung penuh setiap kegiatan PKK yang berhubungan dengan bidang pertanian," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga akan menyiapkan tim penyuluh untuk melakukan pendampingan kepada para peserta dalam hal ini masyarakat.

Sekadar untuk diketahui pelaksanaan panen perdana berlangsung pada Kamis 21 April 2023.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024