Jayapura (ANTARA) -
Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengajak masyarakat di Bumi Cenderawasih sama-sama mensukseskan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 yang dilakukan oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) setempat dilaksanakan pada 1-31 Juni 2023.
 
"Mari bersama sukseskan Sensus Pertanian 2023, mencatat pertanian Indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani," katanya di Jayapura, Jumat.
 
Menurut Ridwan, untuk wilayah Papua, BPS Papua dipastikan melakukan sensus pada sepanjang Juni 2023 mendatang, guna memperoleh data yang bermanfaat dalam mendukung perencanaan maupun pembangunan sektor pertanian.
 
"Data ini pula berguna untuk membantu kesejahteraan para pelaku usaha pertanian, baik perorangan maupun perusahaan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan sehingga itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk bisa memberikan data yang sebenar-benarnya kepada petugas sensus di lapangan. Sebab dengan begitu, masyarakat sudah ikut membantu sukseskan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023.
 
"Kini pemerintah juga tengah melaksanakan kebijakan reformasi program perlindungan sosial melalui kegiatan yang dilakukan oleh BPS Provinsi papua berupa pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek)," katanya.
 
Menurut Ridwan, pendataan lapangan kegiatan pun dipastikan telah rampung pada 2022 lalu, dimana ada sekitar 865 ribu keluarga di Papua yang telah tersensus. "Namun untuk memastikan tingkat kesejahteraan keluarga hasil pendataan telah akurat, maka akan dilaksanakan verifikasi data melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) secara serentak pada 2 - 31 Mei 2023," ujarnya.
 
Dia menambahkan untuk itu, pihaknya mewakili Pemerintah Provinsi Papua mengajak seluruh masyarakat bersama mensukseskan FKP Regsosek tersebut, demi mewujudkan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, untuk Papua lebih maju.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024