Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mappi, Papua Selatan meluncurkan program Manajemen Talenta Pemuda Nasional (Mantap) sekaligus pembukaan sekolah kedinasan yang berlangsung di GOR Kepi, Senin.

Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Senin, mengatakan program tersebut sebagai baik dalam rangka mempersiapkan talenta muda menjadi pemimpin dan kembali membangun Mappi.

"Apalagi dengan kehadiran Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar saat ini menjadi suatu kebanggaan dan motivasi bagi kami di Kabupaten Mappi," katanya.

Dia menjelaskan Mantap merupakan program dari Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan oleh semua daerah di Indonesia.

Ia menyatakan bangga atas kehadiran program tersebut di Kabupaten Mappi.

Dia berharap, kompetensi dan pengalaman serta rekam jejak yang dimiliki Stafsus Presiden Billy Mambrasar bisa memotivasi talenta-talenta muda di daerah itu.

"Sehingga pengambil kebijakan dan pelaksana teknis di daerah baik itu kepala dinas maupun kepala bagian mulai saat ini bisa mempersiapkan program kerja yang nantinya akan diimplementasikan," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Mappi saat ini sudah mempunyai program kerja, yakni pemberian bantuan pendidikan dan beasiswa di dalam maupun luar negeri kepada anak-anak di daerah itu.

Staf khusus Presiden Jokowi, Billy Mambrasar, mengharapkan program tersebut bisa memotivasi generasi muda di Indonesia, termasuk di Kabupaten Mappi, untuk terus belajar guna mengejar mimpi atau cita-cita masa depan mereka.

"Setelah diluncurkan maka akan dilakukan transisi data dari SDM Mappi kepada program Mantap kemudian akan ditindaklanjuti dengan pelatihan kepada generasi muda di Mappi," katanya.

Dia mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang ada selanjutnya bisa mengikuti seleksi sekolah kedinasan yang dilakukan dengan memberikan pelatihan melalui program Mantap.

"Ini sebagai bekal bagi generasi muda untuk mengikuti seleksi-seleksi ke jenjang selanjutnya," ujarnya.

Dia berharap, talenta yang ada di Mappi bisa dioptimalkan dengan cara memberikan penghargaan terhadap karya yang dihasilkan agar bisa dikenal di seluruh Indonesia bahkan internasional.

Peluncuran program Mantap dirangkai dengan seminar dihadiri para pelajar SMA dan SMK, pemuda, organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan, peguyuban, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024