Jayapura (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Jayapura, Papua menyosialisasikan dokumen penyusunan rencana tenaga kerja makro 2023-2026 kepada 17 organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Selasa.

Kepala Disnaker Kota Jayapura Djoni Naa di Jayapura, Selasa, mengharapkan melalui rencana tersebut ke depan bisa mengatasi masalah pengangguran di daerah itu.

"Karena dalam mengatasi permasalahan pengangguran bukan hanya tugas dari Dinas Tenaga Kerja saja tetapi juga OPD yang terkait lainnya," katanya.

Pihaknya juga akan melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jayapura karena memiliki data terkait dengan potensi tingkat partisipasi angkatan kerja.

"Sehingga kami harapkan melalui kegiatan itu kami bisa mendapatkan suatu dokumen yang utuh untuk perencanaan tenaga kerja empat sampai lima tahun ke depan," ujarnya.

Dia menjelaskan sejak 2018 hingga 2022 angka pengangguran di Kota Jayapura berjumlah 10.253 orang.

"Dan angka pencari kerja hingga Mei pada 2023 sekitar 2.500 orang," katanya.

Kegiatan penyusunan rencana kerja makro 2023-2026 dibuka Asisten III Setda Kota Jayapura Amos Solossa.

Amos Solossa mengatakan kegiatan tersebut memiliki makna penting karena perencanaan tenaga kerja daerah membutuhkan gambaran tenaga kerja yang tersedia pada masa mendatang.

Dia menambahkan dalam perencanaan tenaga kerja harus diimplementasikan bersama dan lebih baik jika semua pihak berkolaborasi.

"Sehingga tenaga kerja di Kota Jayapura dapat pekerjaan dan kesempatan kerja semakin terbuka," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024