Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka layanan satuan pendidikan bagi tenaga guru dan siswa di lima distrik wilayah Kepulauan Numfor.

"Pelayanan yang diberikan Dinas pendidikan untuk satuan pendidikan di pulau Numfor dalam rangka menyambut program Biak Pintar berhitung cepat dengan asik dan menyenangkan bagi siswa dan guru daerah kepulauan Numfor," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin di Biak, Minggu.

Dikatakan, untuk layanan pendidikan pulau Numfor bagi guru dan non kependidikan di antaranya mengurus kenaikan pangkat/golongan, penilaian angka kredit, penyesuaian kenaikan gaji berkala serta sertifikasi guru.

"Ini bentuk inovasi layanan pendidikan yang terus dilakukan jajaran Disdikbud Biak Numfor untuk mempermudah guru mengurus berbagai kebutuhan satuan pendidikan di pulau Numfor," ucapnya.

Sedangkan untuk layanan siswa-siswi di sekolah, menurut Kamaruddin, terkait dengan data pokok pendidikan (Dapodik) karena ada siswa yang pindah terdaftar di sekolah tetapi tak masuk dalam Dapodik.

Untuk siswa yang tidak terdaftar dapodik, lanjut Kamaruddin, pihak Disdikbud Biak Numfor sudah punya akses untuk masuk dalam menginput dapodik.

"Sehingga ketika menemukan data siswa tak terdaftar dalam dapodik maka pihak Disdikbud bisa membantu memasukkan nama siswa bersangkutan pada dapodik," sebut Kadisdikbud Kamaruddin.

Disinggung pelatihan berhitung cepat dengan metode Gasing di pulau Numfor, menurut Kamaruddin, sudah terjadwal pada bulan Juni 2023 untuk siswa SD kelas 3 dan kelas 4.

"Ada sekitar 16 satuan pendidikan SD di pulau Numfor tersebar lima distrik yang akan mengikuti program Biak Pintar berhitung cepat dengan metode Gasing," harap Kadisdikbud Biak Kamaruddin.

Kegiatan berhitung cepat Biak Pintar 2023 sebagai program belajar berhitung cepat dengan asik dan menyenangkan (Gasing) bagi seratusan siswa Sekolah Dasar di kepulauan Numfor.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024