Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat melakukan aksi bersih-bersih pantai yang telah dilakukan merupakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan bersih di Bumi Cenderawasih.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono di Jayapura, Senin, mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah juga dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Kegiatan ini kami berkolaborasi dengan Komunitas Papua Trada Sampah (PTS), sehingga terkumpul sebanyak 2.713 kilogram sampah di Pantai Holtekam Jayapura,” katanya.

Menurut Budiono, kepedulian pada alam sekitar nantinya akan memberikan manfaat berupa ketersediaan air yang cukup atau terhindar dari berbagai bencana hingga kualitas udara yang bersih karena semuanya berkesinambungan.

“Kami ingin hal itu bisa diimplementasikan  seluruh relawan pegawai PLN,”ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Employee Volunteer Program (EVP) tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian insan PLN dalam merawat lingkungan. Setelah mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di bibir pantai, para relawan pegawai melakukan pemilahan sampah untuk dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

“Sehingga untuk sampah yang sulit terurai seperti botol plastik dibawa ke bank sampah berlokasi di belakang Kantor Walikota Jayapura, sedangkan sampah lainnya bawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di daerah Nafri,

Dia menambahkan PLN juga memberikan bantuan satu motor bak sampah kepada Komunitas Papua Trada Sampah (PTS) untuk digunakan saat mobilisasi dan pengangkutan sampah-sampah yang dikumpulkan.

Sekadar diketahui, sebelumnya telah dilakukan aksi bersih-bersih sampah dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia sehingga merupakan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang bertempat di Pantai Holtekam Kota Jayapura, Papua, Sabtu (10/6).


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024