Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyiapkan lima ekor sapi sebagai hewan kurban untuk diberikan kepada pihak Masjid Al-Aqsah Sentani guna merayakan Idul Adha 1444 Hijriah di daerah itu.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin, mengatakan lima hewan kurban tersebut telah dilakukan pemeriksaan khusus, guna memastikan kesehatannya.

“Hari ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menjelaskan pemeriksaan dimaksudkan agar dipastikan hewan untuk kurban pada Idul Adha mendatang memenuhi syarat dan ketentuan islamiah.

“Bersyukur, hasil pemeriksaan menunjukkan hewan kurban sehat dan layak untuk dikurbankan dan dibagikan bagi pihak yang berhak menerima,” ujarnya.

Dia menjelaskan kurban merupakan sarana seorang umat untuk bisa bersyukur atas rezeki yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

“Dengan berkurban, seorang Muslim tidak hanya bisa bersyukur atas rezeki tapi juga ikut membahagiakan orang lain dengan daging kurban yang dibagikan,” katanya.

Dia menambahkan berkurban sebagai wujud ketaatan dan penghormatan kepada Allah, dengan melaksanakan kurban seorang Muslim berharap dapat mendekatkan diri kepada-Nya, mengikuti perintah-Nya, dan meningkatkan hubungan spiritual.

“Semoga melalui Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha akan semakin mendekatkan kita pada Sang Pencipta,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024