Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyerahkan dua ekor sapi sebagai hewan kurban di Masjid Nurul Hidayah Kampung Genyem Distrik Nimboran pada daerah ini.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Selasa, mengatakan, bahwa pihak pemerintah kabupaten menyiapkan lima ekor sapi sebagai hewan kurban yang diserahkan kepada pengurus Masjid di Distrik Nimboran dan Sentani Kota.

“Hari ini kami menyerahkan dua ekor sapi kepada pengurus Masjid Nurul Hidayah, kemudian untuk tiga ekor lagi ke pengurus Masjid Al-Aqsah Sentani Kota,” katanya.

Menurut Triwarno, pihaknya berharap seluruh umat Muslim yang berdomisili di Kabupaten Jayapura terus dan selalu menjaga nilai-nilai toleransi.

“Kami berharap seluruh umat Islam dapat menjalankan ibadah Idul Adha atau hari raya kurban dengan damai, aman dan lancar,” ujarnya.

Dia menjelaskan hewan kurban yang diserahkan sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikan kesehatan agar sesuai dengan ketentuan dan syarat islamiah.

“Yang pasti hewan kurban harus yang sehat dan terbaik, sehingga menjadi berkah bagi penyalur maupun pihak penerima kurban,” katanya.

Dia menambahkan hari raya kurban merupakan sarana bagi umat Muslim untuk mensyukuri rahmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWA.

“Wujud syukur tersebut diberikan dalam bentuk kurban, yang kemudian disalurkan kepada kaum yang berhak menerimanya,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024