Sentani (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Papua, mengatakan Nendali sebagai Kampung/Desa terbaik pada 2023.

Kepala DPMK Jayapura Elisa Yarusabra kepada ANTARA di Sentani, Rabu, mengatakan Nendali di Distrik Sentani Timur mendapatkan apresiasi desa terbaik dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat.

"Desa Nendali menjadi yang terbaik karena perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan keuangan berjalan baik," katanya.

Menurut Elisa, proses pembangunan pada desa Nendali ini sudah berjalan dengan penilaian baik dan utama yakni dalam perencanaan serta penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

"Desa Nendali selalu tepat waktu dalam setiap perencanaan maupun pelaporan sehingga mendapat penilaian khusus dari BPKP Pusat," ujarnya.

Dia menjelaskan pada urutan kedua desa terbaik di Kabupaten Jayapura 2023 yakni Desa Yahim di Distrik Sentani Kota.

"Serta urutan ketiga desa terbaik yakni Desa Benyom Jaya I di Distrik Nimbokrang. Dengan demikian ada tiga desa terbaik," katanya lagi.

Dia menambahkan saat ini ketiganya sudah menggunakan aplikasi dalam perencanaan dan pelaporan yakni menggunakan Sistem keuangan desa (Siskeudes).

"Dengan mengunakan aplikasi Siskeudes ini akan semakin mempermudah pelaporan serta transparan dan akuntabel," ujarnya lagi.*

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024