Jayapura (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Tolikara, Papua Pegunungan Marthen Kogoya menyerahkan dua unit kendaraan mobil operasional, yakni mobil ambulan dan mobil jenazah guna meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah setempat.
 
"Pada Senin (10/7) kemarin kami telah menyerahkan dua unit mobil operasional layanan yang mana merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Selasa.
 
Menurut Marthen, kehadiran dua unit operasional tersebut sangat penting mengingat fasilitas kesehatan di wilayah Tolikara masih sangat kurang.
 
"Oleh karena itu saya minta kepada Dinas Kesehatan khususnya pimpinan RSUD Karubaga dan Kepala Puskesmas Numba agar menggunakan mobil operasional secara baik untuk pelayanan kesehatan," ujarnya.
 
Ia menjelaskan dua mobil operasional tersebut akan berada di Puskesmas Numba di mana puskesmas tersebut mencakup beberapa wilayah sampai ke Distrik Wunim. Sehingga jika ada pasien sakit gawat darurat atau ibu-ibu yang mau melahirkan maka harus bergerak cepat dengan untuk antar pasien yang membutuhkan penanganan di RSUD Karubaga.
 
"Pemerintah pusat dan daerah selalu memberikan perhatian khusus terkait kebutuhan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, penyerahan bantuan mobil ambulan untuk setiap Puskesmas di Kabupaten dilakukan secara bertahap dalam setiap tahun," ujarnya lagi.
 
Dia menjelaskan jadi ini bertahap setiap tahun, ada perhatian dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sehingga setiap Puskesmas itu ada mobil operasional.
 
“Mobil ini harus selalu standby di rumah sakit, kalau ada laporan masyarakat Tolikara meninggal di Wamena atau di RSUD Karubaga mau antar ke keluarga, mobil ini akan melayani. Termasuk keluarga yang meninggal di Jayapura kirim lewat pesawat maka mobil jenazah langsung jemput di bandara,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya berharap semua pihak bisa memahami secara baik fungsi mobil jenazah. Pihaknya berpesan kepada pimpinan Dinas Kesehatan Kabupaten Toliakara untuk menjaga dan menggunakan secara baik mobil tersebut.
 
 
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024