Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom, Papua, menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit di Kota Jayapura, guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

“Kami akan segera melakukan perjanjian kerja sama dalam waktu dekat dengan sejumlah rumah sakit terbaik Kota Jayapura, diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Rumah Sakit Provita, Rumah Sakit Dian Harapan, dan beberapa rumah sakit lainnya,” kata Bupati Keerom Piter Gusbager dalam siaran pers di Jayapura, Selasa.

Menurut Piter, kerja sama dengan rumah sakit tersebut merupakan bagian dari kewajiban pemerintah dalam upaya menyediakan layanan kesehatan dasar bagi masyarakat bukan hanya masyarakat asli Papua saja, namun juga bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ada di Tanah Papua.

“Untuk sasaran utama program layanan kesehatan ini ditujukan kepada orang asli Papua dan non-Papua serta warga yang tidak mampu yang ada di Kabupaten Keerom,” ujarnya.

Pihaknya berharap kerja sama dengan rumah sakit terbaik maka mampu menyelamatkan banyak nyawa masyarakat.

“Untuk itu tidak dibenarkan bagi siapapun para pegawai yang mempersulit pelayanan kesehatan bagi masyarakat hanya karena rupiah atau kelalaian prosedural sehingga mengabaikan hak-hak mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Keerom yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), kata dia, segera mendaftarkan diri sehingga dapat merasakan pelayanan kesehatan gratis.

"Guna meningkatkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, kami telah menyiapkan anggaran sebesar Rp4 miliar yang berasal dari APBD Kabupaten Keerom pada 2023," ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024