Jayapura (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Papua gencar melakukan pelayanan jemput bola merekam data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di setiap kelurahan dan kampung atau desa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura Raymond Mandibondibo di Jayapura, Rabu, mengatakan, pelayanan perekaman data untuk KTP-el keliling bertujuan memudahkan masyarakat di daerah itu dalam mengurus dokumen kependudukan.

"Karena memang masyarakat sibuk dengan segala aktivitas selama hari kerja atau Senin hingga Jumat maka setiap hari Sabtu kami turun ke lapangan langsung untuk melakukan pelayanan kependudukan," katanya.

Menurut Mandibondibo, program pelayanan perekaman data akan terus dilakukan setiap hari Sabtu di semua kelurahan dan kampung sehingga warga bisa mendapatkan dokumen kependudukan baik itu KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran maupun Kartu Keluarga (KK).

"Apalagi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sehingga kami dengan pelayanan jemput bola maka pemilih pemula juga bisa dengan mudah merekam data KTP-el," ujarnya.

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya melakukan pelayanan keliling baik di kelurahan dan kampung masyarakat sangat antusias, hal tersebut menandakan bahwa warga Kota Jayapura menginginkan pelayanan di lapangan.

"Seperti pada Sabtu 15 Juli 2023 ketika kami melakukan pelayanan banyak masyarakat yang datang untuk mengurusi dokumen kependudukan," katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengajak agar seluruh masyarakat di Kota Jayapura bisa memanfaatkan kesempatan itu supaya tidak perlu lagi ke kantor dukcapil setempat untuk mengurusi dokumen kependudukan.

"Dokumen kependudukan sangat penting sebab semua perubahan dalam kehidupan harus dilaporkan karena itu merupakan kewajiban setiap warga negara," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024