Jayapura (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Jayapura, Papua mengadakan pelatihan keterampilan usaha bagi 32 keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi Mandiri.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Jayapura Felson Mambrasar di Jayapura, Jumat, mengatakan seluruh peserta merupakan kaum ibu yang merupakan orang asli Papua (OAP) yang tersebar di lima distrik di Kota Jayapura.

"Semua peserta yang ikut pelatihan ini telah menekuni usaha kios dan juga pembuatan kue," katanya.

Dia menjelaskan, selain pelatihan, pihaknya juga memberikan bantuan stimulan untuk usaha kios dan peralatan pembuatan kue sehingga ke depan bisa membuat tempat atau lokasi jualan.

"Kami berharap dengan bantuan yang diberikan dapat menjadi cikal bakal bagi mereka untuk mengembangkan usaha yang dijalani," ujarnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Jayapura, Evert Meraudje mengatakan pemerintah daerah setempat telah menyediakan program dalam penanganan masalah sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial seperti memberikan bantuan baik kepada pribadi maupun keluarga serta kelompok masyarakat.

Menurut Evert, program tersebut merupakan bukti nyata Pemkot Jayapura dalam membantu keluarga yang membutuhkan untuk mencapai kehidupan yang lebih sejahtera.

"Dengan begitu kami harap dengan adanya pelatihan keterampilan usaha bagi KPM PKH, diharapkan mereka dapat mandiri dan bisa meningkatkan kualitas hidup," katanya.

 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024