Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 200 warga Merauke, Papua Selatan, Sabtu, membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 78 meter selama 10 menit yang dipusatkan di kawasan Tugu Kapsul Waktu.

Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan kepada ANTARA, Sabtu, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI itu diikuti anggota pramuka, pemuda, dan pelajar di daerah ini.

Bendera Merah Putih yang dibentangkan itu sepanjang 78 meter sesuai HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, katanya.

Selain melaksanakan pembentangan Bendera Merah Putih, kata dia, dilakukan penyerahan 1.000 bendera yang secara simbolis diserahkan kepada Ketua LMA Kabupaten Merauke Federikus Mahuze.

"Kegiatan ini sebagai wujud kecintaan para generasi penerus bangsa untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kepada NKRI," katanya.

"Dengan dibaginya 1.000 Bendera Merah Putih diharapkan di setiap rumah mengibarkan bendera, bahkan hingga ke perbatasan RI-Papua Nugini (PNG)," katanya.

Ia mengatakan dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air.

"Mari kita bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dari Sabang sampai Merauke, dan terus menggelorakan semangat kebangsaan untuk kemajuan Indonesia yang kita cintai, " katanya.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024