Jayapura (ANTARA) - Bupati Kabupaten Keerom, Papua Piter Gusbager menyampaikan pihaknya  menjalin kerja sama dengan tiga rumah sakit di Kota Jayapura untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah itu.

“Kerja sama dengan tiga rumah sakit ini merupakan salah satu wujud nyata yang sesuai dengan tema HUT ke-78 RI 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'. Sehingga tahun ini kami telah menaikkan nominal kerja sama dengan tiga rumah sakit di mana sebelumnya hanya Rp1 miliar namun kini naik sebesar Rp4 miliar,” katanya di Jayapura, Rabu.

Menurut Piter, kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Rumah Sakit Provita dan Rumah Sakit Dian Harapan. Sehingga bagi masyarakat yang sakitnya tidak ditanggulangi oleh BPJS Kesehatan maka bisa mendapatkan rujukan ke tiga rumah sakit tersebut.

“Membangun kerja sama dengan tiga rumah sakit ini juga berdasarkan telah meningkatnya jumlah pasien dalam dua tahun terakhir di puskesmas maupun di RSUD Keerom,” ujarnya

Dia menjelaskan dengan meningkatkan pelayanan rumah sakit karena kini mulai ada kepercayaan masyarakat untuk berobat ke puskesmas atau ke rumah sakit. Sehingga Pemerintah Kabupaten Keerom akan terus melakukan pembenahan.

“Kami mengakui memang masih banyak kekurangan pada pelayanan kesehatan namun Pemerintah tidak akan tinggal diam sehingga ini menjadi fokus prioritas,” katanya lagi.

Dia menambahkan selain kerja sama dengan tiga rumah sakit pihaknya juga akan mengangkat 200 tenaga medis, kemudian peningkatan akreditasi RSUD Keerom menjadi tipe C.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pada pelayanan kesehatan sehingga mempermudah akses masyarakat di Kabupaten Keerom,”ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024