Jayapura (ANTARA) - International Univeristy of Papua (IUP) berkolaborasi bersama Universitas YAPIS Papua (UNIYAP) dalam rangka mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM.

Kolaborasi antara IUP dan UNIYAP untuk implementasi MKBM didasari dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang sudah berlangsung pada 19 Agustus 2023 di Auditorium Universitas Yapis Papua.

Rektor Universitas Internasional Papua Izak Morin dalam taklimat media yang diterima di Jayapura, Senin menjelaskan kerja sama ini mencakup berbagai aspek Tridharma Perguruan Tinggi seperti transfer kredit, pertukaran mahasiswa, penerbitan berkala ilmiah, pertukaran dosen, pengembangan bersama kurikulum dan metode belajar.

"Selanjutnya pertukaran informasi pembelajaran digital, penyelenggaraan seminar atau konferensi ilmiah, penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat dan pembentukan inkubasi bersama untuk pengembangan karir dan bisnis mahasiswa melalui program kewirausahaan dan kelas kreatif non-akademik," katanya.

Ia mengatakan sebagai universitas yang masih baru di Tanah Papua pihaknya berkomitmen untuk belajar dari pengalaman UNIYAP sebagai universitas yang lebih berpengalaman.

Dia menjelaskan melalui kerja sama tersebut diharapkan akan membawa manfaat besar bagi perkembangan pendidikan tinggi di Papua.

"Serta memberikan peluang yang lebih luas bagi mahasiswa kedua universitas untuk mengembangkan potensi mereka dalam lingkungan pendidikan yang beragam dan kolaborasi," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama UIP, Abinus Sama menyatakan bahwa kerja sama antar-universitas di Papua adalah suatu keharusan.

"IUP hadir bukan untuk bersaing dengan universitas lain melainkan untuk melengkapi dan berkolaborasi karena kolaborasi dianggap sebagai kunci kekuatan dan kemajuan pendidikan di Tanah Papua," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada UNIYAP atas respon yang baik sehingga dalam waktu singkat penandatangan MoU dapat terwujud.

Rektor Universitas YAPIS,  Dr. H. Muhdi B. Hi Ibrahim, SE., MM mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama itu.

"UNIYAP siap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Universitas Internasional Papua dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia di Tanah Papua," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IUP-Universitas YAPIS Papua berkolaborasi implementasikan MBKM

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024