Sentani (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menilai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 tahun ini yang diselenggarakan di Jakarta, secara tidak langsung membawa dampak peningkatan ekonomi di negeri ini sehingga berpengaruh baik ke daerah.
 
“Kita tahu ada 11 negara ASEAN yang saat ini sama-sama menjadi negara berkembang sehingga melalui KTT ini kami berharap daerah di Indonesia mendapat dampak positif dari kegiatan itu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Rabu.
 
Menurut Sekda Hana, meskipun peningkatan ekonomi di daerah tidak seketika meningkat secara signifikan seperti halnya Jakarta dan kota-kota besar lainnya, namun perubahan itu pasti ada.
 
“Mungkin saja setelah KTT ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI akan mendorong nelayan di daerah untuk mengekspor hasil laut ke negara-negara ASEAN dengan jumlah pengiriman yang banyak,” ujarnya.
 
Sekda Hana menjelaskan, Pemkab Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikanan sudah pernah mengekspor hasil laut namun masih dalam jumlah terbatas.
 
“Semoga melalui KTT ini jumlah pengiriman bisa bertambah ratusan kali lipat sehingga nelayan di sini bisa sejahtera, dan kami juga berharap ada komoditas lain dari sektor pertanian yang dapat dikirim ke luar negeri,” katanya.
 
Dia menambahkan itu contoh dari satu sektor, belum lagi sektor lainnya yang dapat dikoneksikan antara negara-negara ASEAN melalui kementerian terkait sehingga pertumbuhan ekonomi di daerah juga ikut berkembang.
 
“Kami di daerah harap ekonomi bangsa ini terus meningkat sehingga kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia tercapai dan pemerintah daerah juga dapat merasakan hal itu melalui kebijakan, maupun dukungan langsung pemerintah pusat,” ujarnya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Jayapura sebut KTT ASEAN bawa peningkatan ekonomi di daerah

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024