Jayapura (ANTARA) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-20/Suator dan masyarakat Kampung Burbis Distrik Suator Kabupaten Asmat, Papua Selatan, menanam bibit pohon pisang untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini.

Danramil 1707-20/Suator Letda Inf Marthen Yusuf Bano melalui rilis kepada ANTARA di Jayapura, Minggu, mengatakan penanaman bibit pohon pisang merupakan salah satu program peningkatan ketahanan pangan.

"Nantinya, pisang dapat menjadi bahan makanan pokok selain beras dan sagu, termasuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kampung Burbis sehingga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Menurut dia, pihaknya menanam 10 bibit pisang ambon, 10 bibit pisang raja, 10 bibit pisang kepok, dan 10 bibit pisang nona dengan menggunakan anggaran dana Kampung Burbis yang sudah melalui kesepakatan bersama.

“Serka Pieter Awak dan Prada Germanus bersama masyarakat melaksanakan penanaman bibit pohon pisang dengan harapan ekonomi masyarakat dapat terbantu dengan adanya penanaman ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan Babinsa Serka Piter Awak mengimbau masyarakat Kampung Burbis agar bibit pohon pisang yang sudah ditanam dapat dirawat dengan baik.

“Kami berharap penanaman bibit pohon pisang ini ke depannya benar-benar bermanfaat dan dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat Kampung Burbis,” katanya.

Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kampung Burbis, Helena, memberikan apresiasi kepada Babinsa Koramil 1707-20/Suator yang telah mendampingi dan membantu melaksanakan program ketahanan pangan di kampung tersebut.

“Dari rapat persiapan, pembersihan lahan hingga penanaman bibit pohon pisang , Bapak Babinsa turut hadir untuk membantu masyarakat Kampung Burbis,” katanya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024