Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah mendorong keterlibatan perempuan untuk berpartisipasi pada bidang politik, hukum dan sosial karena dapat meningkatkan kesetaraan gender di wilayah tersebut.

Pelaksana Harian Sekda Pemkab Puncak Jaya Esau Karoba di Jayapura, Senin, mengatakan rencana strategis Pemerintah Puncak Jaya menjelaskan secara ideal visi, misi, strategi, tujuan dan capaian tentang keadilan dan kesetaraan gender sudah harus menjadi hal penting yang harus sosialisasikan.

“Untuk itu kami sangat mendorong keikutsertaan perempuan di bidang politik tersebut guna meningkatkan kesejahteraan kelompok perempuan,” katanya.

Menurut Esau, di wilayah setempat masih kurang keterlibatan perempuan sehingga penting adanya sosialisasi dan edukasi peran perempuan di bidang politik.

“Apalagi kini sedang memasuki masa-masa pesta demokrasi sehingga perempuan di Kabupaten Puncak Jaya harus ikut serta terlibat pada kegiatan-kegiatan yang berbau politik untuk meningkatkan pengetahuannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Papua Tengah Jenifer Darling Tabuni mengatakan sebagai perempuan harus memiliki kemauan dan sikap saling mendukung karena berdasarkan data KPU hingga kini keterlibatan perempuan di Papua Tengah belum mencapai 30 persen.

“Ini yang harus perlu didorong dan disosialisasikan agar pemahaman betapa pentingnya peran perempuan di dunia politik,” katanya.

Sebelumnya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana melakukan sosialisasi peningkatan partisipasi Perempuan pada bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi yang bertempat di Distrik Wuyuneri, Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Sabtu (26/8).



Baca juga: Membuka akses politik lebih lebar kaum perempuan asli Papua

Baca juga: Pemprov Papua beri pendidikan politik bagi perempuan

 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024