Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Bidang Daerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang juga Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir menemui forum Pemimpin Redaksi meminta dukungan maju pemilihan Ketua Umum PWI Pusat Periode 2023-2028.
Pertemuan Cak Munir dengan  Dewan Pengurus Forum Pemred di Jakarta, Jumat (1/9) meminta dukungan pencalonan menjadi ketua PWI.

Cak Munir menjelaskan audiensi dengan Forum Pemred diterima Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred Arifin Asydhad dengan pengurus lain Titin Rosmasari, Irfan Junaidi, Irna Gustia, Yura Syahrul, Sutta Dharmasaputra, Taufiqurrahman, Maria B Benyamin, dan Mukhlison.
 
Cak Munir mengaku ingin menawarkan harapan baru kepada PWI di masa datang memiliki figur pemimpin memiliki flag carrier pada media mainstream.
 
"Figur membawa secara cepat adaptasi PWI menuju digitalisasi dan itu hampir identik banyak diwarnai pengurus  yang lebih muda," tegas Cak Munir.
 
Cak Munir mengaku sempat berkunjung ke beberapa kantor PWI di daerah dan mendapatkan respons positif untuk  membangun PWI lebih baik.
Ketua Forum Pemred Asydhad menyatakan siap membantu Cak Munir maju pemilihan Ketum PWI periode 2023-2028 dan meminta Cak Munir beraudiensi dengan dewan penasihat dan Dewas Forum Pemred.
 
"Kami anggota dan pengurus tentu bangga dan mendukung Cak Munir mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PWI," ujar Pimpinan Redaksi Kumparan.
 
Ia menyebut, Anggaran Dasar Forum Pemred mengatur dukungan ke anggota  ikut serta dalam menempati berbagai jabatan dan kedudukan di lembaga maupun aturan organisasi pasal 6 ayat (g) "Membantu memberikan kesempatan anggota ikut berpartisipasi menempati berbagai jabatan dan kedudukan di lembaga dan atau organisasi berkaitan perlindungan, pengembangan demokrasi, kebebasan pers.
 
Asydhad menilai Cak Munir kini menjabat Dirut LKBN ANTARA bisa sukses pemilihan karena sangat memiliki darah PWI dan mengawali karier wartawan di PWI.
 
Dia mendoakan Cak Munir sukses pada pemilihan Ketua Umum PWI serta menegakkan kebebasan pers bertanggung jawab hingga terwujudnya aturan soal publisher rights.
 
Titin Rosmasari selaku Sekjen Forum Pemred menanyakan tentang visi misi Cak Munir di kontestasi Kongres PWI. Sementara Yura mendorong Cak Munir menghindari praktik politik uang.

Cak Munir mengungkapkan alasannya mengikuti kontestasi Ketua Umum PWI Pusat demi kembalikan marwah dan martabat organisasi pers terbesar jumlah anggota mencapai 20 ribu orang.
 
"Karena darah saya PWI sejak 1991 sampai sekarang 2023 menjadi pengurus PWI," ucap Cak Munir sembari menyebut sejak 1991-1995 jabat Sekretaris Siwo PWI Jatim dan 2000 Ketua Siwo PWI Jatim selama 10 tahun dan 2010-2020 Ketua PWI Jatim," ungkapnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Temui Forum Pemred, Cak Munir sampaikan rencana maju jadi Ketum PWI

Pewarta : Narda Margaretha Sinambela
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024