Timika (ANTARA) - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyiapkan rumah produksi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengolah komoditas lokal daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mimika Petrus Yumte di Timika, Rabu, mengatakan selama ini pelaku UMKM kesulitan dalam mengemas hasil olahannya, maka pihaknya menyiapkan rumah produksi guna menunjang kegiatan produksi produk komoditas lokal.

"Kami siapkan tiga rumah produksi bagi pelaku UMKM komoditas lokal agar lebih maksimal lagi dalam menjalankan usahanya," katanya.

Menurut Petrus, selama ini pelaku UMKM telah menjalankan produksinya dengan baik, tinggal didukung dengan sarana rumah produksi maka dapat lebih terakomodir dalam satu wadah.

"Komoditas lokal yakni teh manggrove, sagu dan ikan kemudian noken hasil kerajinan tangan, setiap rumah produksi dibangun pada lokasi yang berbeda,," ujarnya.

Dia menjelaskan pembangunan rumah produksi ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan komoditas lokal daerah ini.

"Dalam rumah produksi ini, mereka dapat lebih maksimal mengembangkan usahanya sekaligus melakukan promosi," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan di bangunnya rumah produksi komoditas lokal maka perekonomian dari UMKM Mimika semakin bertumbuh pesat.

"Sarana prasaran juga menjadi faktor pendukung dalam pertumbuhan perekonomian di daerah," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Mimika siapkan rumah produksi bagi pelaku UMKM komoditas lokal

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024