Timika (ANTARA) - Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1710-07/Mapurujaya di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memberikan pendampingan bagi anak stunting di wilayah binaannya di Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur.

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Sertu Slamet Riyadi dalam keterangan di Timika, Kamis, mengatakan pihaknya konsisten dalam menangani kasus stunting di wilayah binaannya.

“Kami selalu memberikan nutrisi kepada anak asuh stunting di wilayah binaan, dengan tujuan agar generasi penerus bangsa dapat meneruskan perjuangan kita di masa mendatang,” katanya.

Menurut Babinsa, banyak makanan yang dapat dikonsumsi agar mencegah serta mengatasi stunting pada anak, hanya saja terkadang faktor ekonomi menjadi salah satu penyebab anak stunting.

“Kami memberikan makanan yang dibutuhkan seperti telur, beras, ikan, buah dan sayuran agar dapat membantu anak stunting di wilayah binaan,” ujarnya.

Dia menjelaskan masalah stunting menjadi perhatian bersama semua pihak, termasuk TNI sesuai instruksi dari Panglima TNI.

“Stunting menjadi program prioritas nasional untuk itu kami  menjalankan tugas sesuai komando dan arahan Panglima TNI di wilayah binaan,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya sangat serius untuk memerangi stunting di wilayah Kabupaten Mimika, dan siap bersinergi dengan pihak lain dalam memerangi stunting.

“Stunting ini wajib diwaspadai karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak anak, orang tua harus memperhatikan pola makan, pola asuh serta pembenahan sanitasi dan air bersih,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024