Timika (ANTARA) - TNI melalui melalui  Komando Rayon Militer(Koramil) 1710-03/Kuala Kencana bantu penghijauan  Kabupaten Mimika, Provinsi Papua dengan  menanam berbagai jenis pohon.

Danramil 1710-03/Kuala Kencana Kapten Inf Gertaim Pakpahan dalam keterangan di Timika, Jumat, mengatakan jenis pohon yang ditanam diantaranya bitanggur, akasia, lamtoro, trambesi dan kasuari. 

Kegiatan penanaman pohon ini dalam rangkaian bakti sosial juga dengan  Polres Mimika bekerja sama dan Departemen Enviro PT Freeport Indonesia (PTFI).

"Bakti sosial penanaman pohon ini berlokasi di Tanggul Barat Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, pada Jumat (29/9)," katanya.

Menurut Danramil, kegiatan ini mengangkat tema "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini“, dengan menanam beberapa jenis pohon diantaranya Bitanggur, Akasia, Lamtoro, Trambesi dan Kasuari.

"Pohon jenis ini memang sangat bagus karena ketika bertumbuh besar, akan sangat rindang sehingga dapat memberi efek sejuk," ujarnya.

Dia menjelaskan selain sudah menjadi program pemerintah, kegiatan ini sebagai wujud dari pelestarian lingkungan agar menjadi asri, teduh dan sejuk serta dapat mengurangi pemanasan global.

"Mari bersama sama kita tumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan, karena manfaatnya tidak hanya untuk generasi saat ini saja, tetapi untuk generasi selanjutnya, anak cucu kita," katanya lagi.

Dia menambahkan turut hadir dalam kegiatan tersebut Brigjen TNI (Purn) Raharyono senior TA Dep SRM PTFI, juga Brigjen Pol (Purn) Bonofasius senior TA Dep SRM PTFI, dan Kompol Hermanto Wakapolres Mimika.

"Keterlibatan dari semua pihak yang hadir menjadi komitmen bersama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan di Kabupaten Mimika," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024